Home > issues, sok tau, ya gitu deh > Indonesia – Malaysia

Indonesia – Malaysia

tinggalkan social networking itu. tiba-tiba pengen posting lagi.

jadi begini, kmaren sempet terjadi beberapa omongan dengan teman-teman di Twitter. agak serius, ngebahas soal diklaimnya budaya kita, atau lebih tepatnya sih dipakainya kebudayaan kita di iklan pariwisata Malaysia.

banyak aksi reaktif, menyalah-nyalahkan Malaysia karna mereka bisa sembarangan mengklaim. okay, itu bener. bangsa Indonesia berhak marah. karna ini kejadian yang sudah kesekian kalinya.

tapi, coba kita berkaca sama diri sendiri. sudahkan kita mengetahui dan memahami kebudayaan kita? seenggaknya peduli deh kalo itu kebudayaan kita. toh sekarang kita mungkin lebih senang dengan budaya barat. dan seolah-olah, lagi-lagi, kalau mendadak jadi nasionalis itu sekedar tren belaka. adakah di antara kalian yang benar-benar peduli sama bangsa Indonesia. kejadian ini terjadi untuk kesekian kalinya tentu bukan karna ga ada sebabnya. mungkin alarm kita terhadap pencurian semacam ini masih kurang.

saya sendiri, sampai sekarang mungkin masih suka mengeluh beberapa hal tentang Indonesia. tentang pemerintahnya, tentang budaya ngaret dan korupsinya, dll.tapi seenggaknya di sisi lain saya tetap bangga jadi orang Indonesia, walaupun kadang-kadang juga ngerasa pengen banget tinggal di luar negeri. tp saya blom pengen mengubah kewarganegaraan saya menjadi WNA. hehehe.

now, just open your heart and open your mind. jangan cuman bisa mikir dari kitanya. egois itu namanya. gue naif? emang.

PS: ini ide gila sebenenernya dan bener-bener geblek. kenapa sih, Indonesia dan Malaysia ga gabung aja jadi satu negara? toh satu rumpun, bahasa mirip, dan tetanggaan.

Advertisements
Categories: issues, sok tau, ya gitu deh
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: